Fish

Senin, 17 Desember 2012

Ciri - ciri fauna Asiatis , Australis, Peralihan


Di Indonesia terdapat 3 jenis persebaran Fauna, persebaran fauna di batasi oleh garis wallace dan garis webber. Ke 3 persebaran fauna tersebut memiliki jenis jenis fauna yang berbeda.
Fauna Asiatis, Australis dan Peralihan
Jenis-Jenis dan Persebaran Fauna di Indonesia dibedakan menjadi Fauna Asiatis, Fauna Australis dan Fauna peralihan, adapun penjelasan dari Fauna Asiatis, Fauna Australis dan Fauna Peralihan adalah sebagai berikut.
Fauna Asiatis.
Fauna Asiatis disebut juga fauna dataran sunda. Penyebaran Fauna Asiatis terdapat sebelah barat yang meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Fauna Asiatis antara lain adalah: Gajah, Harimau, Badak Bercula Dua, Badak Bercula Satu, Orang Utan, Kancil, Beruang Madu, Beo, Bekantan/Kera.

Fauna Australis
Fauna Australis disebut juga fauna dataran sahul. Fauna ini terdapat di Irian Jaya dan pulau-pulau disekitarnya. Binatang-binatangnya mempunyai kesamaan dengan binatang-binatang di benua Australia. Fauna Australis contohnya antara kanguru, kasuari, kuskus, burung cendrawasih dan berbagai jenis burung lainnya, reptil, dan amphibi.

Fauna Peralihan
Daerah fauna Peralihan dibatasi oleh garis Wallace yang membatasi dengan fauna di dataran Sunda dan garis Weber yang membatasi dengan fauna di dataran Sahul. Fauna peralihan tersebar di Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Fauna Peralihan contoh faunanya antara lain babi rusa, anoa, kuskus, biawak, tapir (kerbau liar), burung Kasuar, komodo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar